TUGAS BASIS DATA

Daaler penjualan motor mark menyediakan layanan penjualan motor dengan berbagai jenis motor yang terbaru di industri otomotif, untuk memudahkan dalam proses transaksi dan pelaporan transaksi keseharian maka dibuat database yang terdiri dari tiga tabel khusus yaitu : 1. Tabel motor yang terdiri dari : kd_motor,nm_motor,jenis_motor,produksi,harga, yang bertujuan untuk memudahkan dalam pencarian motor yang tersedi di dealer mark. 2. Tabel Pembeli, dan 3. Tabel Transaksi untuk mencatat transaksi penjualan yang terjadi di dealer mark sehingga dapat diketahui seberapa banyak penjualan dan keuntungan yang diperoleh.




MODEL DATA

Model data adalah sekumpulan konsep - konsep untuk menerangkan data , hubungan - hubungan antara data dan batasan - batasan data yang terintegrasi di dalam suatu organisasi. Jenis Model Data terbagi menjadi empat , yaitu :
1. Model data berbasis objek
2. Model data berbasis record
3. Model data fisik
4. Model data konseptual

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan 2 jenis Model Data yaitu : Model Data Berbasis Objek & Record Based Data Model

1. Model data berbasis objek

Model data berbasis objek menggunakan konsep entitas, atribut, dan hubungan antar entitas terdiri dari :
a. ENTITY RELATIONSHIP MODEL(ER)
b. BINARY MODEL
c. SEMANTIK DATA MODEL(SR)
d. INFOLOGICAL MODEL
Tetapi yang akan saya bahas di sini hanya ENTITY RELATIONSHIP MODEL & SEMANTIK DATA MODEL saja.

ENTITY RELATIONSHIP MODEL

Untuk menjelaskan hubungan antar data dalam database atas dasar anggapan bahwa real word terdiri dari object-object dasar yang mempunyai hubungan atau relasi antara object-object tersebut . ER MODEL terdapat istilah MAPPING CARDINALITY yaitu jumlah entity yang dapat dikaitkan dengan entity lainnya melalui relation self.


SEMANTIK DATA MODEL

Hampir sama dengan ER MODEL dimana relasi antara objek dasar tidak dinyatakan dengan simbol tetapi menggunakan kata - kata (Semantik).

2. Record Based Data Model

Model ini berdasarkan pada record untuk menjelaskan kepada user tentang hubungan logic antar data dalam basis data. Selain digunakan untuk menguraikan seluruh logika dalam struktur database juga digunakan untuk menguraikan implementasi dari sistem database. Hal itulah yang membedakan Model data berbasis record dengan model data berbasis objek.
Terdapat 3 data model pada record based data model :

1. MODEL RELATIONAL
2. MODEL HIRARKI
3. MODEL JARINGAN
DI SINI AKAN SAYA BAHAS TENTANG MODEL HIRARKI DAN MODEL JARINGAN


MODEL HIRARKI

Dimana data serta hubungan antar data direpresentasikan dengan record dan link (pointer) , dimana record - record tersebut disusun dalam bentuk tree (pohon) , dan masing - masing node pada tree tersebut merupakan record/group data elemen dan memilki hubungan cardinalitas 1:1 dan 1:M.



MODEL JARINGAN

Model data ini mirip dengan hierarki model , dimana data dan hubungan antar data direpresentasikan dengan record dan links. Perbedaannya terletak pada susunan record dan linknya yaitu network model menyusun record - record dalam bentuk graph dan menyatakan hubungan cardinalitas 1:1 , 1:M & M:N.



NORMALISASI











MySQL

MySQL (bisa dibaca dengan mai-es-ki-el atau bisa juga mai-se-kuel, terserah Anda) adalah suatu perangkat lunak database relasi (bahasa kerennya Relational Database Management System atau RDBMS), seperti halnya ORACLE, Postgresql, MS SQL, dan sebagainya.

Jangan salah arti antara MySQL dengan SQL. SQL (singkatan dari Structured Query Language) sendiri didefinisikan sebagai suatu sintaks (perintah-perintah) tertentu atau bahasa yang digunakan untuk mengelola suatu database.

Jadi, MySQL dan SQL adalah dua hal yang berbeda. Mudahnya, MySQL adalah softwarenya, dan SQL adalah bahasa perintahnya.

Sejarah MySQL dan SQL

Sejarah MySQL silakan diklik aja disini (http://www.mysql.com). Dibahas lengkap di situs MySQL.COM

MySQL platform OS-nya apa?

Awalnya MySQL dijalankan pada sistem operasi Unix dan Linux. Tapi, bagi para penggemar Windows sekarang sudah tersedia MySQL versi Windowsnya. Mereka yang menggunakan Linux (RedHat, Mandrake, dsb), biasanya MySQL sudah terinstall secara default. Bila belum bisa diinstall maka dengan cukup mudah dapat menginstalnya menggunakan RPM (Redhat Package Manager, merupakan prosedur instalasi software yang menjadi standar de-facto untuk Linux, walaupun Anda tidak menggunakan Linux redhat). Cara instalasi ini akan dibahas pada artikel tutorial selanjutnya.

Nah, bagi mereka yang menggunakan OS Windows, tidak usah berkecil hati, karena sudah ada paket software yang merangkum MySQL, Apache webserver dan PHP yang sangat mudah untuk di-install. Software tersebut namanya PHPTriad (phptriad2-2-1.exe,ukuran file 13 MB). Berhubung keterbatasan ruang dan kecepatan, saya tidak menyediakan software tersebut disini. Tapi, Anda bisa mendapatkannya pada CD yang disertakan pada majalah Master Web edisi November 2001, terbitan Jakarta dengan judul laporan utama tentang” PHP” (http://www.mwmag.com). Pada halaman 32 majalah tersebut Anda akan mendapatkan panduan instalasi paket PHPTriad. (Catatan: majalah Master Web saat ini sudah tidak terbit lagi).

NIH SALAH SATU CONTOH PEMBUATAN DATABASE MySQL






1 comments:

hanum mengatakan...

terkait dengan analisis MySQL, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2338/1/Web%20Security%20Analysis%20Using%20Picalo%20and%20MySQL%20In%20Gunadarma%20University.pdf

Posting Komentar